Label Pangan: Konsumsi Berlebihan Mempunyai Efek Laksatif

Kemarin, saya pergi jalan-jalan ke satu supermarket  yang masih tergolong baru di kota tempat saya tinggal. Lalu, saya menemukan satu wajah ...

Kamis, 07 Februari 2019

Melamine, apakah berbahaya? Part #1

Melamin, apakah berbahaya?


Melamin dapat dijadikan sebagai bahan peralatan makan. Menurut penelitan yang diterbitkan oleh food additive and contaminants tahun 2011, peralatan ini tidak disarankan untuk kombinasi makanan yang berasa asam dan makanan yang benar-benar baru selesai dimasak, dan makanan yang sangat asam.

Mangkuk dan piring yang terbuat dari melamin
Sumber: Amazon


Komponen melamin dapat dikatakan berbahaya, karena dapat terakumulasi sedikit demi sedikit di dalam tubuh, apabila tidak sesuai penggunaannya dengan ketentuan / regulasi yang ada. Dalam jurnal Achievement in Material and Manfucaturing Engineering tahun 2018, melamin dapat membentuk batu kristal serta senyawa sianarat melon yang tidak larut dalam air. Kedua senyawa ini dapat menyebabkan pusing, mual dan dalam jangka panjang, melamin dapat membentuk batu ginjal.

Federal Institute for Risk Assessment tahun 2011, menyampaikan bahwa peralatan melamin jangan dipanaskan melebihi suhu 70 derajat celcius, karena apabila melebihi 70 derajat celcius, peluang komponen melamin keluar dari peralatan, menuju ke makanan menjadi lebih tinggi. Menurut penelitian tersebut, sebaiknya makanan yang memiliki suhu yang tinggi diletakkan dalam wadah melamin pada waktu yang singkat. Wadah melamin dikatakan aman digunakan, apabila makanan memiliki suhu di bawah 70 derajat celcius.

Akan tetapi, setiap peralatan makanan dari melamin dengan merk yang berbeda-beda, memiliki aturan dan regulasi masing-masing yang agak berbeda satu dengan yang lain.
Perhatikan baik-baik mengenai label/ instruksinya! Biasanya di dalam website atau kemasan, diberikan instruksi misalnya, cocok untuk makanan suhu sekian dan lama waktunya sekian. Anda juga bisa mencarinya melalui website industri tersebut, apabila Anda kurang jelas mengenai spesifikasinya, bisa dikontak lebih lanjut melalui email kepada industri melamin tersebut.


Tidak perlu takut dan khawatir untuk menggunakan melamin, melamin ini tetap aman digunakan untuk makanan yang tidak asam dan bersuhu ruang / hangat dan bersuhu dingin (maksimal -20 derajat celcius, tergantung merknya). Peralatan melamin juga memiliki desain yang unik dan warna yang sangat menarik kok, serta ringan dan tidak mudah pecah apabila dibandingkan dengan peralatan kaca. Anda wajib menggunakan peralatan melamin yang terdapat logo food grade (terdapat logo garpu dan gelas).

Mari kita menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih peralatan makanan. Peralatan makanan dapat dibuat dari berbagai macam bahan (plastik, gelas, dll) dan memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya memilih dan membeli peralatan makanan (yang harus food grade), sebagai konsumen yang cerdas, tetapi juga, mari kita selalu teliti mengenai instruksi dan prosedur penggunaan yang tertera pada label yang tersedia pada kemasan / website.


Sekian dan Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar