Label Pangan: Konsumsi Berlebihan Mempunyai Efek Laksatif

Kemarin, saya pergi jalan-jalan ke satu supermarket  yang masih tergolong baru di kota tempat saya tinggal. Lalu, saya menemukan satu wajah ...

Jumat, 22 Februari 2019

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

Image result for yoghurt
(Sumber gambar: Wallflower kitchen)
Haihai...  siapa nih yang suka makan Yoghurt? Pernasaran sebenarnya apa saja sih manfaat yoghurt untuk kesehatan? Menurut KBBI (2019) Yoghurt merupakan susu yang diproses menjadi susu asam yang diakibatkan oleh adanya peran mikroorganisme. Menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jendral - Kementrian Pertanian tahun 2016, ekspor susu, dan produk susu Indonesia cukup besar yaitu 0-20.000/ ton pada tahun 2015.  Pada kesempatan saat ini, saya akan menjelaskan mengenai manfaat Yoghurt untuk kesehatan.


1. Mengonsumsi Yoghurt dapat mencegah kanker kolon.

Image result for cancer cell
(Sumber gambar: The Truth About Cancer)
Dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2002, Yoghurt mengandung bakteri asam laktat, yaitu Lactobacillus delbrueckii spp. bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Umumnya, di dalam Yoghurt terdapat sebanyak 100.000.000 sel bakteri/ ml. Mikroorganisme tersebut telah diketahui dapat menyeimbangkan mikroflora dalam usus sehingga memiliki kemampuan untuk memperbaiki hal-hal yang perlu di perbaiki didalam usus, serta dapat mencegah peradangan dan persebaran sel kanker pada usus dan mencegah penyerapan antibiotik yang berlebih.


2. Yoghurt dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Related image
Sumber gambar: pesticide.news
Dalam International Journal of Dairy Technology tahun 2007, telah dibuktikan bahwa bakteri asam laktat yang terkandung dalam produk Yoghurt dapat meningkatkan aktivitas fagositosis, fungsi sel-T, sel-NK (Natural Killer), produksi antibodi, sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan kanker, gangguan pencernaan, dan gejala alergi.


3. Yoghurt dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Related image
Sumber gambar: puregreen.coffee
Menurut Review dari International Dairy Journal tahun 2007, tertulis bahwa konsumsi Yoghurt sebanyak 200 ml/ hari oleh laki-laki dewasa (umur 30-51 tahun) selama 8 minggu, dapat meningkatkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein ) / kolesterol baik secara signifikan, karena mikroorganisme tersebut dapat meningkatkan metabolisme kolesterol di Liver, meningkatkan sistem ekskresi kolesterol melalui feses, mengikat kandungan kolesterol sehingga, kolesterol menjadi lebih sulit terserap. mengubah bile acid menjadi asam laktat. 


4. Yoghurt berpotensial dapat menurunkan tekanan darah. 
Image result for hypertension
Sumber gambar: India TV

Dalam Journal of food processing and preservation tahun 2004 dikatakan bahwa bakteri probiotik yang terdapat di dalam Yoghurt dapat menghasilkan enzim proteinase yang dapat memecah protein menjadi 100 buah oligopeptida serta memicu sekresi ACE (Angiotensin Converting Enzyme) Inhibitors. ACE adalah enzim yang dapat meningkatkan kerja Angiotensin II yang dapat memicu syaraf simpatetik sehingga dapat meningkatkan kerja jantung semakin tinggi (British & Irish Hypertension Society, 2019). Bakteri probiotik dapat meningkatkan ACE Inhibitors artinya memiliki dampak yang baik bagi kerja jantung dan tekanan darah. 



Keep our health in safe condition, Probiotics.
We love you, very much! ❤️
Thankyou for keeping our health in good condition! 


Image result for probiotics
Macam-macam Bakteri Probiotik (Sumber gambar: Shape singapore)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar