Label Pangan: Konsumsi Berlebihan Mempunyai Efek Laksatif

Kemarin, saya pergi jalan-jalan ke satu supermarket  yang masih tergolong baru di kota tempat saya tinggal. Lalu, saya menemukan satu wajah ...

Sabtu, 09 Februari 2019

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan mengapa?


Kolesterol bersumber dari berbagai bahan pangan maupun produk pangan. Kolesterol ini disebut Dietary Cholesterol. Dalam jurnal American Science dikatakan bahwa meningkatknya kadar kolesterol tidak hanya disebabkan oleh kandungan kolesterol, tetapi juga asupan lemak jenuh dan lemak trans. Dalam Buletin Penelitian Kesehatan tahun 2000, kolesterol banyak di dapatkan dari bahan pangan yaitu jeroan (hati, kulit, rempelo, usus, telur ayam seafood, kulit). Kandungan kolesterol pada bermacam-macam bahan pangan dapat dilihat pada Tabel 1.



Tabel 1. Kandungan kolesterol pada bermacam-macam bahan pangan

 Bahan Pangan
Kandungan kolesterol (mg)
 Hati 
592 
 Kulit
149-165
 Rempelo
479 
 Kuning telur
485 - 922
 Seafood (Ikan, cumi, udang)
52-102, 159, 161-179

Sumber: Saidin, 2000

Mengapa organ-organ tersebut mengandung kolesterol tinggi? Mari kita bahas satu per satu.



1. Kulit
Image result for makanan kulit gorengKulit hewan mengandung kandungan kolesterol yang tinggi, oleh karena itu direkomendasikan untuk mengonsumsi daging hewan tanpa kulit. Kulit hewan ini memiliki kolesterol yang tinggi diduga karena berdasarkan jurnal clinical pathology supplementation, kulit adalah salah satu media untuk mengeluarkan kolesterol.

2. Hati
Image result for makanan hati gorengHati merupakan organ yang penting dalam membuat asam empedu. Bahan utama dalam pembuatan asam empedu adalah kolesterol. Oleh karena hal tersebut, diduga hati banyak mengandung kolesterol. Asam empedu yang dibuat, digunakan untuk mengemulsikan  lemak atau memperkecil molekul lemak.

3. Sistem Pencernaan Hewan (Jeroan, usus)
Image result for usus lezatSistem pencernaan berguna untuk memetabolisme lemak. Contohnya adalah usus, usus sering dilalui oleh lemak dan diduga banyak lemak yang tertinggal di antara usus tersebut selain itu, usus digunakan untuk tempat penyerapan kembali asam empedu yang telah digunakan.


4. Kuning Telur

Image result for yema de huevoKuning telur mengandung kolesterol yang tinggi, karena telur merupakan awal dari suatu kehidupan, terlahirnya embrio ayam yang membutuhkan banyak komponen kolesterol (McGee, 2003). Kandungan kolesterol pada telur ayam dipengaruhi oleh pakan ayam.

5. Seafood
Image result for masakkan udang 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar