Label Pangan: Konsumsi Berlebihan Mempunyai Efek Laksatif

Kemarin, saya pergi jalan-jalan ke satu supermarket  yang masih tergolong baru di kota tempat saya tinggal. Lalu, saya menemukan satu wajah ...

Senin, 05 Juni 2023

Perlengkapan Saat Memasak

Perlengkapan Saat Memasak


Apakah kalian suka memasak? Pernah nggak kalian melihat seorang koki, barista atau Ibumu di rumah memasak? Yap, pasti sebelum memasak menggunakan berbagai perlengkapan, mulai dari celemek, baju lengan panjang, karet rambut untuk perempuan, penutup kepala berupa topi/hairnet, sarung tangan, sarung tangan dan sepatu bersih. Ingat ya teman-teman, semuanya harus dalam kondisi bersih. Bila kotor, perlengkapan tersebut perlu dicuci. Sesungguhnya perlengkapan-perlengkapan tersebut bermanfaat bagi sang koki. Berikut penjelasannya! 

1. Celemek (Apron)

Celemek digunakan dengan cara dikalungkan serta diikat di bagian pinggang. Celemek digunakan untuk melindungi baju yang sedang digunakan dari cipratan, tumpahan, kuman, kotoran, dan makanan. Bayangkan ketika kamu seorang barista yang secara tidak sengaja kopi yang dibuat tumpah, akan mengenai celemek. Kamu menjadi lebih terlindungi dari warna cokelat yang menantang untuk dicuci dan Selain itu, seorang koki yang menggunakan celemek terlihat lebih profesional dalam melakukan pekerjaannya. 

2) Chef uniform / chef jacket dan chef pants

Bila diperhatikan, sebagian besar koki atau cook menggunakan baju lengan panjang. Secara umum berwarna putih atau hitam. Sesungguhnya, baju lengan panjang ini digunakan untuk melindungi koki dari cipratan bahan yang panas, misalnya minyak, air panas. Selain itu, warna putih pada baju chef yang dikenakan melambangkan profesionalitas dan kebersihan.  Sedangkan warna hitam sebagian besar lebih sering digunakan untuk bagian celana, menyamarkan noda tumpahan makanan atau lemak yang menempel.

3) Hair restraint/ hair net /topi

Hair restraint merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan kepala. Dalam menggunakan perlengkapan ini, perlu diingat bahwa hair restraint perlu digunakan menutupi seluruh kepala. Tujuan digunakan hair restraint tersebut, yaitu untuk mencegah kontaminasi silang ke dalam makanan,  yaitu kontaminasi yang berasal dari sumber lain misalnya helaian rambut. Selain dapat mengontaminasi secara fisik, rambut diduga dapat membawa bakteri ke dalam makanan. Oleh karenanya, menggunakan hair restrain ini tidak kalah penting dari perlengkapan lainnya. 

4) Sepatu

Sepatu tertutup perlu digunakan untuk membantu chef bekerja di lingkungan dapur yang seringnya licin karena tumpahan air dan cipratan minyak. Selain itu, sepatu juga dapat melindungi koki dari benda-benda yang tajam, makanan berlemak dan minuman panas.   Sepatu yang digunakan biasanya memiliki standar anti slip dan resistensi abrasi, semacam anti gores yang baik. 

5) Sarung tangan

Sarung tangan merupakan perlengkapan yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran bakteri dan dapat melindungi konsumen. Sarung tangan ini terbuat dari bermacam-macam bahan, yaitu nitrile dan vinyle bersesuaian dengan standar FDA food regulations and European legislations (89/109/EEC). Berdasarkan state food safety (2023), mencuci tangan saja tidak cukup. Sarung tangan dapat menjadi pembatas antara bakteri yang berpotensi patogen dengan makanan yang diolah serta perlu sering diganti dengan selang waktu empat jam agar bakteri patogen tidak berkembang biak dan wajib diganti apabila rusak. Sebelum menggunakan sarung tangan, tangan perlu dicuci dengan air mengalir.  


Michael Adrian Iskandar, S.TP., M.T.P
Food Technologist l Food Enthusiast


Daftar Pustaka

https://www.statefoodsafety.com/Resources/Resources/training-tip-wearing-gloves-for-food-safety#:~:text=It%20provides%20another%20barrier%20between,before%20it%20reaches%20the%20customer.

https://chefswarehouse.com.au/collections/gloves#:~:text=In%20certain%20settings%2C%20such%20as,sharp%20edges%20and%20hot%20surfaces.

https://cms4files.revize.com/jeffersoncitymo/Hair%20Handout.pdf

https://www.labtek.com.au/SuppliersData/Ansell/Food%20Handling.pdf

https://bisonlife.com/collections/hairnet#:~:text=Hairnets%20serve%20two%20main%20purposes,hands%20out%20of%20their%20hair.

https://www.kitchen-arena.com.my/blog/why-should-chefs-wear-clogs.html#:~:text=One%20of%20the%20reasons%20why,or%20slipping%20in%20the%20kitchen.

https://www.aussiechef.com.au/blog/types-of-aprons-and-their-uses-and-costs/#:~:text=Aprons%20are%20used%20to%3A,trade%20in%20easily%20accessible%20pockets

https://www.aussiechef.com.au/blog/chef-uniforms-explained/#:~:text=The%20Chef%20Jacket%20serves%20many,sense%20of%20style%20and%20uniformity.

https://www.highspeedtraining.co.uk/hub/personal-hygiene-food-handling/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar